SEO Piramida

SEO adalah proses kompleks untuk mengoptimalkan situs web kalian. Tujuan utamanya adalah agar konten kalian akan ditampilkan di halaman pertama hasil pencarian sehingga konsumen yang kita butuhkan dapat dengan mudah menemukan situs web kita. Cara untuk membuat dan mengatur proses SEO google kalian adalah dengan menggunakan SEO piramida.

SEO Piramida  adalah kerangka langkah-demi-langkah strategis yang dimaksudkan untuk membantu proses kerja SEO google kaliam. Komponen utama dalam strategi piramida SEO adalah SEO teknis, pembuatan konten, SEO di dalam halam kalian, maupun SEO di luar halaman kalian. Sederhananya, kalian dapat mengoptimalkan situs web yang kalian miliki sesuai dengan mengikuti empat tingkat SEO piramida .

Ada beberapa bentuk versi piramida. Namun secara umum, aktivitas yang utama ditempatkan di bagian bawah piramida (teknis SEO), sedangkan yang kurang teliti berada di bagian atas. kami membuat dan merancang SEO piramida yang terbaik, menggunakan komponen yang paling umum yang ditemukan dalam uji coba yang kami lakukan dan menyempurnakannya dengan masukan dari ahli SEO kami.

SEO piramida adalah titik awal bagi kita dalam mempelajari SEO karena menjelaskan apa sebenernya asrti dari SEO. Mari kita pelajari apa saja yang terdapat dalam isi SEO piramida  dan bagaimana kita dapat menggunakannya dalam strategi SEO kalian.

Apa strategi SEO?

SEO  piramida adalah gambaran strategis dari semua konsep dan cara kerja SEO yang perlu kalian perhatikan dalam proses SEO kalian. Menggunakan SEO piramida akan membantu kita meningkatkan peringkat situs web secara strategis dan menarik sehingga lebih banyak pengunjung maupun konsumen yang tertarik dengan website yang kita miliki.

Melakukan SEO bisa menjadi tantangan, terutama jika kalian baru di bidang ini. Ada banyak sumber daya berharga untuk membantu kalian dalam proses SEO kalian. SEO Piramida adalah salah satu bentuk yang mebantu kita dalam belajar memahami cara kerja SEO dan memberikan gambaran unik tentang komponen penting yang perlu kita fokuskan.


SEO Piramida  dibagi menjadi empat tingkat, dan setiap tingkat berisi komponen spesifik yang harus dikerjakan untuk mengoptimalkan situs web yang kia miliki yaitu:

  • SEO teknis
  • Isi
  • Di dalam halaman
  • Di luar halaman

Mari kita pecahkan SEO pyramid menjadi beberapa bagian – empat tingkat SEO. Seperti yang di sebutkan di atas, SEO piramida  mencakup SEO teknis, konten, optimasi di dalam halaman, dan SEO di luar halaman. Setiap tingkatan utama terdiri dari komponen yang perlu kalian kerjakan dalam proses cara kerja SEO kalian. fikirkan ini sebagai daftar periksa SEO terperinci kalian.

Sebagai aturan umum, langkah pertama dalam cara kerja SEO adalah memastikan bahwa situs web yang kalian miliki secara teknis sesuai dengan standart yang google berikan, Sebelum kalian membuat konten dan menarik pengunjung ke sana. Oleh karena itu, tingkat pertama dalam SEO piramida adalah SEO teknis. Tujuan SEO adalah membuat situs web yang kalian miliki menjadi yang pertama dan terlihat oleh calon konsumen ataupun  target dan mesin pencari kalian. Dan di sinilah SEO teknis berperan: kalian perlu memastikan bahwa situs web kalian secara teknis sudah siap dilihat oleh mesin pencari dan dikunjungi oleh kunsomen. Saya tahu SEO teknis bisa menakutkan pada awalnya. Namun, SEO piramida menyediakan pendekatan langkah demi langkah untuk membuat cara keraj SEO menjadi lebih mudah.

Melakukan SEO teknis mempunyai syarat bahwa kalian memastikan bahwa situs web kalian :

  • terindeks oleh mesin pencari di google
  • memiliki koneksi HTTPS yang aman
  • memiliki kecepatan pemuatan tidak lebih dari 2 detik
  • ramah seluler



Setelah kalian mengurus SEO teknis, saatnya untuk masuk ke tingkat SEO pyramid berikutnya dan mengoptimalkan konten untuk Website yang kalian miliki. Konten adalah inti dari SEO kalian karena mesin pencari menemukan dan menampilkan halaman web yang berisi informasi yang sesuai dengan permintaan pencarian orang di mesin pencari. Pengunjung datang ke situs web kita untuk membaca maupun melihat isi konten yang memberi nilai maupun yang dibutuhkan bagi mereka. Konten datang dalam banyak  bentuk format, seperti teks, gambar, video, PDF, dan banyak lagi.

SEO di dalam halaman adalah proses mengoptimalkan konten di situs web yang kalian miliki secara detail. Ini berarti melihat komponen-komponen kecil di situs web kalian yang secara signifikan mempengaruhi kinerjka baik situs web kalian. SEO di dalamn halaman adalah langkah ketiga dalam SEO piramida .

Katakanlah kalian secara teknis telah mengoptimalkan situs web kalian dan membuat konten yang ramah SEO dan sesuai dengan standart google. Sekarang saatnya untuk membahas detail yang dapat membuat website kalian  dioptimalkan sepenuhnya. Di tingkat ketiga SEO pyramid, Anda akan fokus untuk mengoptimalkan situs web kalian dengan:
  • mengoptimalkan judul halaman dan deskripsi meta
  • mengoptimalkan ukuran gambar dan teks alt
  • mengintegrasikan judul utama H1-H3 dalam salinan kalian
  • menambahkan tautan internal
  • menilai kegunaan situs web Anda


Langkah terakhir dalam SEO piramida adalah melakukan SEO di luar halaman. Seperti namanya, sekarang saatnya kaloan harus fokus pada apa yang perlu KliN lakukan di luar situs web Yang kaIian punya. SEO di luar situs mencakupi:
  • membangun tautan
  • daftar situs web Anda menjadi penyimpanan bisnis lokal
  • mengintegrasikan judul utama H1-H3 dalam salinan kalian
  • menggunakan media sosial untuk mempromosikan konten yang kalian buat secara organik 
SEO Piramida  dapat di lakukan pembagian lebih jauh. Namun, setiap aktivitas SEO lainnya termasuk dalam salah satu kategori utama: SEO teknis, konten, SEO di dalam halaman, atau SEO di luar halaman.

Mengapa strategi piramida SEO penting?

Titik awal yang baik dalam merencanakan strategi SEO kalian adalah dengan menggunakan SEO piramida. Metode ini adalah cara terstrtuktur untuk melakukan optimasi mesin pencari. Baik kalian baru mengenal SEO atau sudah memiliki pengalaman di bidangnya, SEO pyramid dapat memandu proses kerja kalian dalam mengoptimalkan situs web kalian.

SEO adalah proses yang kompleks dan berkelanjutan, tetapi SEO piramida  memberikan gambaran sederhana tentang komponen penting yang perlu kalian kerjakan. Bersama - sama kita belajar, SEO piramida dapat membuat proses pengoptimalan mesin pencari kita menjadi sederhana.

Strategi SEO pyramid penting karena memberikan pendekatan secara sistematis untuk SEO. Empat tingkat piramida bertujuan sebagai panduan langkah demi langkah dalam melakukan SEO google. SEO Piramida menawarkan rangkuman tentang semua komponen yang perlu difokuskan untuk mengoptimalkan situs web yang kalian miliki.

Tingkat bawah SEO pyramid dimaksudkan untuk memudahkan kalian mencapai pengoptimalan situs web dasar. Di sini, kalian fokus untuk memilih CMS yang tepat untuk situs web kalian, meningkatkan kecepatan pemuatan, dan aspek teknis SEO lainnya yang disebutkan di atas. Di tingkat piramida "Konten", kita harus fokus pada pemahaman konsumen dan pesaing kalian dan melakukan analisis kata kunci. Semua ini akan mendorong kalian untuk membuat konten unik dan relevan yang berperingkat lebih tinggi di halaman hasil pencarian.

Tingkat teratas piramida berhubungan dengan SEO di tempat dan di luar situs. Bagi kalian, ini berarti sudah waktunya untuk mengoptimalkan situs web yang kalian miliki dalam hal judul halaman, deskripsi meta, penggunaan H1 – H3, dan memastikan pengalaman pengguna yang baik bagi pengunjung web kalian. Setelah komponen-komponen ini di kerjakan dengan baik, kalian dapat beralih ke SEO di luar situs. Sekarang fokus kalian adalah mempromosikan konten kalian secara organik melalui pembuatan tautan, media sosial, dan mendaftarkan situs web kalian di direktori bisnis lokal dan membuat konten dan web site kalian menjadi nomor satu di mesin pencarian.

Bagaimana cara meningkatkan peringkat menggunakan strategi SEO Pyramid?

SEO pyramid membantu peringkat situs web kalian menjadi lebih tinggi di halaman hasil pencarian karena menawarkan pendekatan terorganisir untuk SEO. Ketika kalian mengikuti level dalam piramida SEO dan menyelesaikan setiap komponen SEO, kalian secara sistematis mengoptimalkan situs web kalian. Lihat bagaimana Anda dapat secara khusus meningkatkan peringkat SERP kalian dengan menggunakan  SEO pyramid.

17 cara meningkatkan SEO dengan strategi Pyramid:

1. Pastikan Situs WEB Anda Terindeks Oleh Google

Langkah pertama dalam proses SEO kalian adalah membuat situs web kalian di cari dan terindeks oleh mesin pencari. Mesin pencari menunjukkan situs web kalian dalam hasil pencarian setelah mereka mencari dan mengindeks halaman web kalian. Mesin pencari menggunakan spider untuk menjelajah internet dan mengumpulkan informasi tentang situs web yang mereka temui, menggunakan file dan potongan kode yang ada di halaman tersebut.



2. Pastikan situs web Anda aman dengan SSL

Memiliki HTTPS yang aman adalah aspek penting lainnya dalam mengoptimalkan situs web kalian. Mesin pencari seperti situs web dilayani melalui koneksi yang aman. Belum lagi bahwa pengunjung situs web kalian akan merasa lebih dapat dipercaya daripada kasus di mana mereka bertemu dengan peringatan "Tidak aman".



3. Optimalkan Kecepatan Situs Anda

Kecepatan memuat situs web kalian memengaruhi padangan pengunjung web site kalian. Tidak masalah jika kalian memiliki konten yang bagus, jika halaman web dimuat terlalu lambat (lebih dari 2 detik), pengguna akan meninggalkan situs web yang kalian miliki. Google dan mesin pencari lainnya juga lebih memilih situs web yang memuat dengan cepat, dan ini mendapatkan peringkat lebih tinggi di halaman hasil pencarian. Salah satu hal yang dapat kalian lakukan untuk meningkatkan kecepatan situs web Anda adalah dengan mengoptimalkan dan mengompres gambar Anda sebelum mengunggahnya.

SEO Pyramid

4. Menggabungkan desain web yang ramah seluler

Mobile Friendly (keramahan seluler) lebih penting dari sebelumnya dalam hal mengoptimalkan situs web kalian. Konten situs web kalian harus ditampilkan dengan baik di semua perangkat – desktop, ponsel, dan tablet. Sekarang, ketika lebih dari separuh jalan website kalian adalah seluler, Anda perlu mempertimbangkan dan memikirkan seberapa responsif situs web kalian saat diakses di perangkat seluler.

Konten situs web kalian perlu secara otomatis menyesuaikan dengan layar perangkat yang berbeda sehingga pengguna dapat membaca, memperbesar, dan mengklik tombol dengan cepat. Situs web ramah seluler berkinerja lebih baik dan memungkinkan pengunjung mengunjungi halaman web kalian saat bepergian, meningkatkan jalan nya situs web Anda.

Lebih dari itu, banyak desainer berpengalaman pengguna menganjurkan untuk mengutamakan seluler saat membuat situs web. Dianggap bahwa situs web yang berkinerja baik di seluler, akan berfungsi dengan baik di semua perangkat lain. Misalkan kalian ingin tahu dari jenis perangkat mana audiens Anda menjangkau situs web Anda. Dalam hal ini, Anda dapat memeriksa akun Google Analytics kalian.

SEO Pyramid


5. Optimalkan Struktur dari Situs Web Anda

Struktur situs (site map) adalah komponen terakhir  penting dari SEO teknis Anda. Membuat susnan situs web yang ramah SEO, berarti bahwa mesin pencari dan orang-orang sama-sama memahami situs web kalian dengan benar. susunan situs adalah cara halaman web Anda disusun dan dihubungkan bersama.

Sasaran Anda adalah membuat peta situs yang membantu pengguna dan mesin pencari telusur menemukan apa yang mereka cari. Situs web yang dioptimalkan dimulai dengan peta situs yang dioptimalkan yang memungkinkan spider mesin pencari mendatangi dan mengindeks semua halaman situs web kalian. Selain itu, suusnan informasi yang dipikirkan dengan matang memungkinkan pengguna untuk berkunjung dan menemukan konten yang diperlukan di situs web kalian dengan mudah.

SEO Pyramid


6. Analisa Peringkat dan Riset Kata Kunci Anda

Pembuatan konten dimulai dengan riset kata kunci. kalian perlu menemukan apa yang dicari orang secara online dan memilih topik yang sesuai dengan industri kalian. Ingatlah bahwa maksud dan konteks pencarian orang sangat penting saat memutuskan kata kunci apa yang akan digunakan. Ada banyak alat penelitian kata kunci di pasaran yang dapat kalian gunakan untuk menemukan kata dan frasa yang dicari oleh konsumen kalian.

SEO Pyramid


7. Lakukan Riset Pesaing SEO

Saat melakukan riset kata kunci, kalian juga perlu melihat istilah pesaing - pesaing kalian untuk menghindari kata kunci yang terlalu sulit untuk di temukan oleh mesin pencari. Pada saat yang sama, melakukan analisis pesaing dapat menginspirasi kalian untuk memilih kata kunci yang sesuai untuk konsumen target kalian . Jika pesaing kalian menggunakan kata kunci tertentu, ada kemungkinan besar kata-kata itulah yang dapat membawa orang ke situs web kalian.

Riset Pesaing SEO


8. Buatlah Konten yang Unik dan Relevan

Situs web kalian kemungkinan akan mendapat peringkat lebih tinggi di halaman hasil pencarian (SERP) jika kalian bisa membuat konten yang unik. Mesin pencari menyukai situs web yang isinya menegaskan apa yang ditulis oleh sebagian besar situs dan pada saat yang sama menambah nilai lebih bagi pembaca melalui informasi baru.

Konten yang kalian buat harus sesuai dengan minat konsumen kalian . Relevansi memainkan peran utama dalam menulis untuk SEO. Jika konten di situs web kalian cocok dengan kueri penelusuran orang, maka situs web Anda akan berkinerja baik di hasil penelusuran.


Konten Unik


9. Optimalkan Judul Halaman dan Deskripsi Meta

Judul halaman dan deskripsi meta adalah tag yang ditempatkan di header setiap halaman web. Mesin pencari menggunakan ini untuk membuat cuplikan unggulan yang kalian temukan di halaman hasil mesin pencari. Judul halaman memengaruhi seberapa tinggi peringkat halaman web kalian dalam hasil pencarian. Deskripsi meta berisi jawaban singkat untuk kueri penelusuran pengguna, sehingga memengaruhi rasio klik-tayang.

Judul halaman dan deskripsi meta perlu dioptimalkan, dengan mengingat maksud pencarian orang. Tip: gunakan plugin YOAST WordPress untuk memandu Anda dalam membuat deskripsi meta yang baik.


SEO Pyramid


10. Gunakan Format Konten Yang Baik

Saat memformat konten yang kalian buat, penting untuk menggunakan judul H1 – H3 untuk membuat teks kalian mudah dibaca. cara umum adalah menggunakan satu judul H1 sebagai judul halaman kalian, sedangkan H2 dan H3 harus digunakan sebagai subjudul untuk berbagai bagian konten kalian. Selain kompenen estetika, mesin pencari menggunakan tag H1-H3 untuk mengidentifikasi header halaman atau untuk mengenali bagian yang berbeda di halaman web yang sama.

SEO Pyramid


11. Optimalkan Ukuran Gambar dan Teks Alternatif

Pengoptimalan gambar adalah bagian penting dari pengoptimalan situs web kalian. Setiap kali kalian ingin mengupload dan menyisipkan gambar di badan halaman web, kalian perlu mengompresnya terlebih dahulu, sehingga tidak memperlambat kecepatan pemuatan situs kalian.

Ingatlah bahwa ukuran gambar kalian juga memengaruhi kecepatan situs web kalian. Sebagai aturan umum, kitaharus menghindari mengunggah gambar yang lebih besar dari 1 MB. kalian dapat menggunakan pengubah ukuran gambar online untuk mengubah ukuran gambar dan mengompres gambar.

Teks alternatif (teks alternatif) adalah deskripsi singkat dari gambar yang kalian unggah di halaman web milik kalian sendiri. Menggunakan teks alternatif berkontribusi pada SEO situs web kalian karena memberi tahu mesin pencari tentang gambar itu. Lebih dari itu, teks alt pada gambar membuat gambar dapat diakses oleh pengguna tunanetra yang seharusnya hanya mendengar "gambar" saat menggunakan pembaca layar.

SEO Pyramid


12. Buat Tautan Internal Antar Konten

Tautan internal adalah komponen penting dan bagus lainnya dari SEO pada halaman. Tautan internal memungkinkan kalian untuk menghubungkan konten kalian dengan halaman web yang lain yang sesuai denga situs web kalian. Dengan cara ini, pengguna dapat mengklik teks yang disorot (anchor text) dan diarahkan ke halaman lain di situs kalian ke halaman lain. Tautan internal meningkatkan kegunaan situs web kalian sehingga konsumen Anda memiliki pengalaman pengguna yang lebih baik.

SEO Pyramid

13. Tambahkan Markup Skema

Schema markup (alias data terstruktur) adalah bagaimana mesin pencari mendapatkan informasi yang tepat tentang konten yang kalian buat. Cuplikan kode ini juga membantu mesin telusur menampilkan halaman web yang paling sesuai dengan kueri penelusuran pengguna, dengan mempertimbangkan konteks.

SEO Pyramid


14. Jadikan Situs WEB Anda Mudah Dinavigasi (UX & UI)

Kegunaan (UX dan UI) memainkan peran penting dalam SEO. Sederhananya, kegunaan mengacu pada seberapa mudah situs web Anda digunakan. Jika situs web Anda berfungsi dengan baik (UX) dan terlihat baik (UI), maka konsumen kalian akan memiliki pengalaman yang baik dan mencapai tindakan yang ingin mereka lakukan.

Ada hubungan yang kuat antara SEO dan UX. SEO terutama berkaitan dengan mengoptimalkan situs web kalian untuk mesin pencari. Pada saat yang sama, UX berhubungan dengan mengoptimalan situs web untuk pengunjung web kalian. SEO dan UX berjalan beriringan dalam mengoptimalkan situs web kalian untuk mesin pencari dan orang-orang.

Perlu disebutkan bahwa prinsip-prinsip UX tertentu penting untuk diikuti saat mendesain situs web kalian. Salah satunya, yang disebut Hukum Jakob, menyatakan bahwa “pengguna menghabiskan banyak waktu di situs lain, jadi mereka lebih suka situs kaliam bekerja dengan cara yang sama seperti semua situs lain yang sudah mereka ketahui.” Ingatlah hal ini ketika Anda memutuskan bagaimana konten harus disajikan di situs web kalian.

SEO Pyramid


15. Bangun Backlink Berkualitas Tinggi

Tautan yang mengarahkan orang ke situs web Anda adalah bagian berharga dari strategi SEO Anda. Semakin penting situs web yang menautkan ke konten Anda, semakin besar otoritas yang diperoleh situs web Anda. Penting untuk diketahui bahwa situs web dengan otoritas tinggi cenderung berperingkat lebih tinggi di halaman hasil pencarian.

Tautan balik memiliki kekuatan untuk meneruskan otoritas dari situs web ke situs web lain, jadi ada baiknya melakukan pembuatan tautan untuk situs web Anda. Menggunakan pemeriksa backlink, Anda dapat melihat tautan masuk Anda (tautan dari situs web lain ke situs Anda).

SEO Pyramid


16. Fokus Pada Pencarian Lokal Yang Relevan

Membuat profil pencarian lokal membangun kepercayaan untuk situs web kalian dan memudahkan audiens kalian untuk menemukannya. Hal pertama dan termudah untuk dilakukan adalah mendaftarkan bisnis yang kalian jalankan di Google Bisnisku. Dengan cara ini, situs web kalian lebih terlihat oleh mesin pencari dan konsumen kalian.

SEO Pyramid


17. Dapatkan Lebih Banyak Audience pada Media Sosial

Media Sosial dapat meningkatkan cara kerja untuk SEO kalian. Mayoritas pengunjung web site kalian cenderung menemukan situs web kalian melalui profil media sosial kalian. Jadi, titik awal yang baik adalah membuat kehadiran di platform media sosial paling populer, seperti Twitter, LinkedIn, atau Facebook, dan memposting konten yang sesuai untuk menarik pengunjung ke situs web Anda. Selain manfaat SEO, memiliki profil media sosial juga merupakan langkah penting dalam menghasilkan kesadaran merek untuk bisnis yang kalian jalankan.

SEO Pyramid


Ingatlah bahwa kalian harus memiliki dasar teknis sebelum melanjutkan dengan pembuatan konten, pembuatan tautan, dan lainnya. SEO Piramida  dimaksudkan untuk membantu kalian dalam menyederhanakan proses SEO kamu, meningkatkan peringkat kamu, dan menghasilkan lebih banyak bisnis dari pencarian organik. Ini adalah cara yang bagus untuk melakukan SEO dengan cara yang menyenangkan dan sederhana.