Memberi Peringkat untuk Salah ketik dan Salah Eja Kata Kunci

Memilih kata kunci yang tepat adalah salah satu hal terpenting yang dapat kalian lakukan untuk mencapai peringkat satu di halaman pencari. tetapi meskipun strategi ini cukup efektif, tapi masih memerlukan beberapa usaha dari diri kalian untuk memberi peringkat yang benar untuk kata kunci yang tepat dan mendapatkan lebih banyak trafic organik. Tetapi apa yang akan terjadi jika kalian memasukkan beberapa kata kunci yang salah ketik ke dalam campuran kata kunci yang biasa kalian gunakan untuk mencoba dan meningkatkan kualitas website kalian di mesin pencari.

Sementara penargetan untuk kata kunci yang salah ketik, dulunya merupakan salah satu strategi SEO yang umum di gunakan, pendapat saat ini tentang apakah kalian harus melakukannya terbagi. Kali ini, kami mempertimbangkan seberapa besar pengaruh dari menggunakan kata kunci yang salah ketik untuk meningkatkan peringkat website yang kalian punya. Dan jika kalian masih ingin memasukkan kata kunci yang salah ketik dalam konten kamu  setelah membaca artikel ini, jangan khawatir. Kami juga akan membagikan beberapa tips dan trik yang akan membantu kamu melakukannya dengan cara yang paling aman.

Manfaat Menggunakan Kata Kunci yang Salah Ketik

Jika kalian akan memposting konten yang berisi beberapa kata kunci yang sering salah ketik, kalian akan meningkatkan peluang untuk mendapatkan beberapa trafic tambahan ke situs web kalian, dan yang terpenting persaingan untuk kata kunci yang salah ketik akan jauh lebih kecil daripada kata kunci yang di ketik dengan benar. Jadi, tentu saja, akan lebih mudah untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi untuk kata kunci yang salah ketik ini.

Katakan saja kalian memiliki situs web perusahaan investasi atau pun bisnis online mapun jualan online dan ingin menentukan peringkat untuk "harga barang di jakarta". Jadi kamu harus memastikan untuk juga menambahkan kata kunci “hara barang di jakarta” ke dalam konten yang kalian buat, kamu juga akan meningkatkan peluang peringkat untuk kata kata yang sering salah ketik seperti jkt(jakarta) ini.

Tetapi meskipun begitu ini berarti akan ada lebih sedikit presentase pencarian untuk kesalahan kata yang di ketik secara umum, banyak orang masih cenderung membuat kesalahan ketik ketika memasukkan kata pencarian mereka ke Google. Jadi masih ada potensi untuk mendapatkan lebih banyak trafic jika kamu memasukkan kata kunci yang salah eja ke dalam konten kamu. Tentu saja, itu juga tergantung pada jenis konten yang ingin kalian naikan serta jenis kata kunci yang salah ketik yang kalian gunakan.

Kerugian Menggunakan Kata Kunci yang Salah Ketik

Pasti ada beberapa keuntungan menggunakan kata kunci yang salah ketik, tapi ada juga beberapa kelemahan dari taktik ini. Pertama, Google telah menjadi sangat pintar untuk menyadari ketika adanya kesalahan ketikan kata tertentu telah terjadi. Ini berarti ada kemungkinan besar Google akan menampilkan hasil untuk ketikan yang tepat. Dan jika pengguna maupun konsumen ingin melihat hasil untuk istilah yang salah ketik, mereka perlu mengeklik tautan yang bertuliskan "cari saja (kata kunci yang kalian buat)".


Meskipun demikian, jika salah ketik cukup rumit, Google mungkin masih menyertakan hasil untuk kesalahan ketikan dan menawarkan tautan "maksud Anda" untuk menampilkan hasil untuk kemungkinan ketian kata - kata yang tepat. Dengan kata lain, semakin rumit kesalahan ketikan, semakin tinggi peluang peringkat untuk kata kunci yang salah ketik yantg kita gunakan.


Selain itu, bukan rahasia lagi bahwa mesin pencari akan cenderung menyukai situs web dengan konten yang berkualitas tinggi dan juga menarik. Ini tidak hanya berarti konten yang menawarkan informasi berharga bagi pengguna maupun konsumen, tetapi juga konten yang ditulis dengan benar, dengan kesalahan tata bahasa dan ketikan sesedikit mungkin. Jadi, jika kalian akhirnya memasukkan kata kunci yang salah ketik ke dalam konten kamu (termasuk URL, judul, atau tag judul), ada kemungkinan Google akan mendaftarkan konten kalian sebagai kualitas rendah, yang dapat berdampak negatif langsung pada peringkat website kalian.

Kapan kalian Harus Mengoptimalkan Kata Kunci yang Salah ketik?

Meskipun ada risiko yang pasti ketika memberi peringkat untuk kata kunci yang salah ketik, ada beberapa kesempatan, mungkin tidak sepenuhnya masuk akal untuk menerapkan strategi ini di situs web kalian. Misalnya, menggunakan kata kunci yang salah ketik mungkin berguna ketika istilah yang dipermasalahkan biasanya di ketik dengan ketikan yang salah (pikirkan kata-kata seperti "perlu" atau "akomodasi") karena ini berarti banyak orang akan mencari istilah yang salah. Masuk akal juga untuk mengoptimalkan kesalahan ketik di saat persaingan untuk kata kunci tersebut rendah. Karena itu, kalian perlu menggunakan penelitian dan juga pencarian kata kunci yang tepat untuk istilah kata kunci yang salah ketik yang ingin kamu peringkatkan jika kamu ingin memastikan hasil yang optimal.

Secara umum, nama akan cenderung paling sering salah ketik, jadi jika kalian sering menggunakan nama (nama pribadi, nama produk/merek.) sebagai bagian dari kata kunci, atau jika kata kunci menyertakan beberapa kata yang sering salah ketik di pencarian, maka strategi ini mungkin berhasil untuk kamu jalankan.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Anda Ingin Mencoba Memberi Peringkat untuk Kata Kunci yang Salah ketik?

Meskipun ada beberapa resiko menggunakan kata kunci yang salah ketik di situs kalian, jika kamu menerapkan strategi ini dengan cara yang cerdas dan juga benar, ada mungkin kalian dapat menghindari konsekuensi negatif dan akan mendapat beberapa keuntungan sebagai gantinya. Berikut adalah beberapa tips untuk kalian pertimbangkan jika kamu ingin mencoba memberi peringkat untuk kata kunci yang salah ketik:

Lakukan Riset Kata Kunci yang Tepat



Aman untuk mengatakan bahwa penelitian dan juga  pencarian kata kunci adalah dasar dari setiap strategi SEO, dan kata kunci kalian yang salah ketik tidak terkecuali. Ada banyak cara berbeda di mana kalian dapat menentukan kata kunci yang terkait dengan pencarian kalian yang paling sering salah ketik. Salah satunya adalah memeriksa kata kunci yang sudah digunakan orang untuk masuk ke situs web kalian menggunakan Google Analytics. Anda juga dapat menelusuri daftar kata yang paling sering salah eja untuk melihat apakah ada kata kunci di antaranya yang mungkin terkait dengan konten kalian. Sebagai alternatif, Anda bahkan dapat menggunakan bantuan alat seperti Keyword Typo Generator untuk menemukan daftar kata yang sering salah eja yang dapat kalian kerjakan.

Terakhir, jika semuanya gagal, kalian bahkan dapat mencoba membuat kesalahan ketikan sendiri. kamu dapat melakukan ini dengan mengetik kata secepat mungkin atau memikirkan beberapa alternatif kata yang salah ketik yang berbeda untuk kata kunci biasa kamu. Selalu ada beberapa cara berbeda untuk salah mengeja sebagian besar kata, jadi jangan ragu untuk sedikit kreatif menggunakan kata kunci kalian.

Analisis Kata Kunci Anda yang Salah Eja

Setelah membuat daftar kata kunci salah ketik yang kamu rencanakan untuk ditambahkan ke dalam konten kamu, kami sarankan kamu menggunakan tools SEO seperti Ahrefs untuk memeriksa banyaknya pencarian (perkiraan jumlah pencarian bulanan, harian, maupun mingguan) untuk kata kunci yang salah ketik. kamu dapat menuju ke Penjelajah Kata Kunci Ahrefs dan mengetikkan kata kunci kamu di bagian pencarian. Kemudian, periksa statistik banyaknya kata kunci.

Jika banyaknya pencarian untuk kata kunci kamu secara umum rendah, maka kemungkinan mendapatkan trafic dari kata kunci itu kecil. Jadi, kamu ingin memastikan untuk menghapus kata kunci apa pun yang memiliki data pencarian rendah dan hanya menggunakan kata kunci yang setidaknya ditelusuri oleh beberapa orang.

Coba Gunakan Frasa “Sering Salah ketik” di Konten kalian


Sekarang, proses meneliti dan menganalisa kata kunci yang salah ketik sejauh ini mirip dengan kata kunci biasa, tetapi di sinilah segalanya akan mulai menjadi sedikit lebih jelas. Masalahnya adalah, ketika kalian mengoptimalkan konten kalian untuk kata kunci yang di ketik salah, kalian tidak dapat benar-benar menggunakan taktik yang sama seperti yang kalian lakukan untuk kata kunci yang di ketik dengan benar. Alasannya sederhana, bayangkan jika kalian menambahkan kata kunci yang salah ketik ke dalam judul halaman, URL, tag judul, dan potongan konten lainnya. Dengan melakukan ini, kalian berisiko kehilangan kualitas baik dalam mesin pencari yang melihat konten kalian maupun cara pengguna dan juga konsumen melihatnya.

Salah satu cara paling aman untuk memasukkan kata kunci yang salah ketik ke dalam konten kalian adalah dengan menggunakan kata seperti “sering salah ketik”. Ini bisa bekerja dengan baik untuk kata-kata yang sering salah ketik, karena bahkan bisa berfungsi sebagai titik pendidikan bagi pembaca kalian. Bahkan kalian dapat membuat halaman dari istilah yang paling sering salah ketik di bidang kalian. Tentu saja, kalian harus melakukan ini jika menurut kalian informasi ini juga akan memberikan nilai nyata bagi pembaca maupun konsumen kalian.

Tambahkan Kesalahan ketik di Teks Alt


Salah satu cara hebat di mana kalian dapat secara diam-diam memasukkan kata kunci ke dalam konten kalian adalah dengan menambahkannya ke dalam teks alternatif gambar kalian. Pengguna mapun konsumen tidak sering melihat teks alternatif, sementara mesin pencari akan membaca teks alternatif untuk mempelajari tentang gambar tersebut. Oleh karena itu, ini adalah kesempatan yang bagus untuk menambahkan beberapa salah ketik sementara tidak terlalu jelas tentang hal itu. Pastikan untuk tidak berlebihan menggunakan taktik ini agar benar-benar tetap halus.

Tambahkan Kesalahan Ketik ke Konten Buatan Pengguna


Jika kalian memiliki blog, kalian mungkin juga ingin mencoba memasukkan beberapa kata kunci yang salah ketik ke dalam komentar kalian. Atau, jika kalian memiliki forum di situs web kalian, kalian dapat menambahkan beberapa kesalahan ketik ke postingan forum kalian. Tentu saja, kalian harus memastikan bahwa kesalahan ketik ini terlihat seperti berasal dari pengguna acak dan bukan kalian. Ini adalah salah satu cara paling alami untuk menambahkan kesalahan ketik karena salah mengeja adalah kejadian yang relatif umum di kalangan komentator blog dan forum.

Mengabungkan Semuanya

Beberapa orang akan berangapan bahwa menggunakan kata-kata yang salah ketik untuk mendapatkan lebih banyak trafic situs web adalah strategi lama yang dapat merugikan situs web kalian dari pada mendapatkan hal baik untuk web kalian. Dan mengingat perubahan konten dan pengembangan algoritme Google selama bertahun-tahun dan fakta bahwa kesalahan ketik sekecil apa pun dapat merusak kualitas online Anda saat ini, kami akan mengatakan bahwa argumen tersebut pasti ada benarnya.
Karena itu, jika kamu berhati-hati tentang hal itu dan melakukan yang terbaik untuk menghindari kerusakan pada reputasi situs web kamu, mungkin tidak ada salahnya untuk mencobanya. Kami menyarankan kamu mempertimbangkan keuntungan dan kerugugian menggunakan kata kunci yang salah ketik dengan hati-hati sebelum kamu akhirnya memutuskan apakah strategi ini berfungsi untuk situs kamu atau tidak.